Tuesday, October 23, 2018

Episode 05 : Jualan Produk VS Produk Jualan


Udah nemu jawaban bedanya Jualan Produk VS Produk Jualan? 

Belom ya...

Udah baca postingan gue sebelumnya? Kalau belom, mendingan baca deh, karena apa yang gue bahas di sini sangat berkaitan dengan postingan sebelumnya. 

Gue sangat meng-encourage baca blog gue on sequence, because you need to change your Mindset first.

➤Previously on Kopy Writer Klan 

Click here  Episode 04 : Why Copy-Writing !


Lanjut.




JUALAN PRODUK

Seberapa kesel lo ketika ada abang-abang sales datengin lo nawarin produk A-Z pas lo lagi jalan-jalan di mall? Biasa aja ya?

Gue sih kesel banget.

Apalagi kalo babangnya terus maksa pake jurus nempel-nempel di bahu, makin kesel. Satu sisi gimana ya emang pekerjaan mereka, tapi sisi lain sih mager banget aseli karna udah sampe ke tahap nggak nyaman.

Yang bikin gue kesel adalah, seringkali gue udah nolak karna gue ngerasa nggak butuh, tpi terus aja ya dijejelin ke muka.

Guess what?

Itulah yang dirasain market kalian gengs if you keep shoveling your products in front of their face. 

*I aint buying from you no more*

Gue rasa selama ini kayaknya gue ga maksa, promo gue biasa, biasa aja. Ya gue promote produk gue, kelebihannya apa, bla bla bla so on and so forth. Gue juga nggak ngejebak mereka, kayaknya fine fine aja.

NOOOOO!





Itulah mengapa kita perlu banyak baca shob. 
Yang bahaya itu kalo kita nggak tau apa yang kita nggak tahu, jadi kita ga nyari tau dan parahnya kita malah ngeblame hal-hal lain yang sebenernya bukan inti masalah.

Kita mungkin nggak nyadar, gue juga awalnya gitu, gue udah masukkin segala, 

"hi guys bla bla bla, barang original, harga murah, kualitas bagus, bisa pesan antar, baju korea murah, ukuran fit to all, bahan katun bla bla, bisa kirim all over indo, kopi bagus, kopi premium, promo, buy 1 get 3, free ongkir apala apala segala yang fana di dunia ini~"

Alhasil yaudah, sedikit cenderung nggak ada yang beli. Mungkin ada yang berpikir, lo kurang keras kali promosiinnya, kurang konsisten kali. *tampol neh!*

Ingat guys, it is always better to work smart and then work hard, rather than work hard...and just keep on working hard. 


Terus kita harus apa guys?

Menurut kalian, kita harus apa guys? Share with me, comment down below!

*Geger sari ahh...ahhh....shu shu syoda..ahh..ahhh~*




PRODUK JUALAN

So, terus harus gimandos dongs? Jangan sedih ya...kita masih bisa bangkit dari keterpurukan hidup ini guys. 

Berdasarkan hal-hal yang udah gue riset sebelumnya, ini yang harus kita ubah cara kita berpikir kita gengs terharap produk yang kita jual.

Di masa mudanya Om Dan Lok, dia pernah buka usaha potong rumput gitu lah di Kanada. Bukan usaha gede, cuma pas hidupnya lagi sulit-sulitnya, dia coba untuk nawarin jasa potong rumput ke orang-orang. 

Kalo ga salah, dia promosiin lewat selebaran gitu dia sebar ke rumah-rumah di kompleknya. But, eventually, no body called him.

It made him so sad. What's wrong he thought.
Sampe suatu saat, dia bodo amet dan langsung dateng aja trus potongin rumput di rumah tante-tante yang kebetulan rumput di halaman rumahnya udah kaga karu-karuan. Abis dia potong, trus dia tunggu di rumah itu.

Pas tante nya pulang, dia cerita kalo dia yang motong rumputnya. Ternyata...

Si tante langsung berterima kasih ke dia karena si tante kebetulan emang nggak ada waktu buat ngurus halaman rumahnya selama ini. Yep, you guessed it right. Si tante terus langsung ngasih uang.

Dari kejadian itu pertama kali dia sadar kalo,

"Lo harus ngasih value dulu ke orang lain, baru dia akan kasih money in return"


Ini sangat penting guys,
gue copas ulang biar inget.

"Lo harus ngasih value dulu ke orang lain, baru dia akan kasih money in return"


Sama seperti mindset awal om Dan Lok, banyak yang gue kira dari kita cuma mikir gimana jualan. Gimana produk kita jualan sebanyak-banyaknya. How to hit the market so hard. 

Kita pelajarin segala gerak gerik target market kita, orang-orang banyak yang bilang, semakin lo tau umur, gaya hidup, agama, gender, kebiasaan, latar belakang pendidikan, etc 
but we never take time to really deliver value in their life.

biarkan produk lo jualan dulu baru bisa dengan mudah lo jualan produk.

That is the key I think that most of us missed...

BOTTOM LINE IS...


Copy-writing is never about your product.


Menurut gue, mindset ini harus ditanem dulu di akar remah-remah copy-writing kita, yes? Toss! Ibarat orang rabun menuntun orang buta. 

Memaksakan produk ke market, gue rasa udah ga banget sih apalagi makin mudah punya bisnis karna platformnya udah lebih versatile.


Value over anything


We are not educated enough on value. 
Entrepreneurs are not crystal clear enough about what they value in their business. Jangan lupa, Value/nilai nanti akan sangat berguna untuk diturunkan ke copy-writing kita.

Kita selalu diajarin bla bla bla, ini teknik finance yang perlu lo lakuin, ini teknik jualan cepat di IG, this is Facebook Ads 101, cara potret produk biar lebih profesional, so on and so forth. 

But, we miss the deepest mindset to support us all through our business phase.

What is your value?

What is value anyway? 
Read my next post for glitch of answers.


What is value menurut kalian, guys? Share with me, comment down below!

*Bang Ngopi Bang*


JOIN THE KLAN : Add your email to the subscription box! →→→→→→→→→→→→→→


Disclaimer : All gifs belong to https://giphy.com


0 comments: