Wednesday, November 14, 2018

Episode 08 : Target Market Anti Halu

*Addicted to Bohemian Rhapsody!* Udin pade nonton?
Gegara mas e 😘


Coba Syahrini juga nyiptain bulu mata Anti-Halu...


Agar mata-mata di dunia ini...

Tidak tersesat akibat kehaluan!

Udah baca postingan gue sebelumnya? Kalau belom, mendingan baca deh, kar*Bena apa yang gue bahas di sini sangat berkaitan dengan postingan sebelumnya. 

Gue sangat meng-encourage baca blog gue on sequence, because you need to change your Mindset first.


➤Previously on Kopy Writer Klan 


Click here  Episode 07 : Target Market Pala Puyeng!






Gimana? Udah sampe mana gele-nya? Haha...



Seperti yang udah gue bilang di postingan gue sebelumnya. 


Jangan sampe kita halu gegara udah ngerasa bener dan oke kok target market yang udah kita tentuin. Ternyata jrengg tut, karena masih :


1. Banyak hal yang nggak kita CERMATI tentang produk kita sendiri, jadi kita terburu-buru untuk main nentuin target market aja dan biasanya terlalu luas dan tidak spesifik...


TANPA TAU kalau kita belom bener-bener TAU tentang produk kita...Alhasil kita nyantai aja tanpa berusaha mempertajam target market kita...

Misal, lo mau jualan tahu bulat.

Karena lo nggak tau secara menyeluruh tentang si tahu bulat lo, benefitnya apa, keunggulan produk lo apa, bla bla bla....Lo langsung nganggep, target market lo adalah semua orang yang suka jajan. 

Dengan bermodal pengetahuan itu, lo terus dagang keliling deh...sesederhana itu...Berhari-hari lo dagang, tapi yang beli kok cuma kurang dari 10 orang. 

Terus lo mulai nannya deh, eh anjir knapa gini ya? Tahu bulat gue kan rasanya enak micin parah, crispy banget ....Ternyata lo dagang kelilingnya di area panti jompo, rumah sakit bla bla yang emang bukan micin makanannya...



*Kek, tahuu bulattt, kek!!!!!!!*

Ada yang beli? Ada, cuma tidak signifikan...

Nah, ini neh...seringkali kita kurang cermat memahami produk kita sendiri, atau nggak *ngeh*.



Lo bisa mulai exercise dengan menannyakan 3 pertanyaan ini tentang bisnis lo terkait pemahaman produk (sumber : Om Dan Lok) :

1. What could go wrong?
2. What did I miss?
3. What did I not see?



But...

Tantangannya di fase ini kalau menurut gue sih lebih ke kapan waktu yang tepat untuk kita jos go sama strategi bisnis kta...

Jangan terlalu terburu-buru, tapi jangan juga kelamaan. Menurut gue pribadi, closing bisnis sangat terpengaruh oleh momentum soalnya.

Take your time to explore your product! Pastikan produk lo punya cukup bekal buat bertahan di market, apalagi kalau lo baru mulai nih gengs...



2. Banyak asumsi yang kita buat tentang target market kita. 


Cara taunya gimana? Jelas, di sini kita perlu data...Biasanya entrepreneur yang doyan banget sama produknya, suka punya idealisme "ntar pasti ada yang mau beli kok kalau gue launching, coba aja dulu". Alhasil banyak asumsi yang dibuat ke target marketnya. 

Kalau lo masih ngegunain perasaan "kayaknya sih oke nih, kayaknya sih anak muda doyan lah yang kaya gini, bla bla bla" 

mendingan di-recheck lagi! 


Pengalaman HALU gue dulu, 

Ide yang menurut gue bagus ternyata pas diimplementasikan jreng-jreng, kaga ada yang beli! Hahaha....padahal pas gue share ide gue yang muji bagus banyak...tapi gitu, pas udah di promosiin...

KAGA ADA yang beli bos dari yang muji-muji itu! Hahaha...


*Tiati gengs, temen-temen kalian yang muji bagus tapi kaga beli biasanya emang cuma lip service ke kalian aja yuhu yukyes*

Akhirnya gue liat lagi, analisis lagi kenapa bisa kaya gini...Ya the answer is very-very simple  but yet has always been very tricky gengs, yaitu 

Ga jelas target marketnya...

Gue buat produk berdasarkan apa yang menurut gue baik, bukan apa yang menurut target market gue baik...

Jadi pas produk gue jadi dan gue bawa ke marketplace, ga ada yang beli...Yang paling menyakitkan sih bukan kaga ada yang belinya...

Tapi pas abis itu gue jadi bingung banget mau diimprove ke mana karena di imajinasi gue ya ini tuh udah oke banget! Secara clarity tuh udah lurus banget. Tapi ternyata nggak ada marketnya! 

Jadi, sangat penting untuk langsung melibatkan target market di awal kalian menggodok produk dan menentukan clarity kalian, baru nanti sempurnakan sambil jalan.



Nah, kalau udah nggak HALU siapa target marketnya...

GINI cara mempertajamnya...


1. Evaluasi target market terhadap skala bisnis lo! 

Pastikan target market lo cukup spesifik untuk skala bisnis yang kecil/baru di tahap awal. Kalau bahasa kerennya, pastikan kamu jualan di niche yang cukup spesifik.  Kenapa? karena semakin luas jangkauan market, biasanya semakin kompleks sistem bisnis dan juga butuh investasi yang lebih vesarrrr!


2. Define your niche spesifically! 


Nih maem dulu dari sifu gengs! *spoiler* di videonya ada berbagai pertanyaan yang lo bisa refleksiin untuk menyempitkan target markhet you!







3. Inget video gue di postingan sebelumnya punya Evan Charmichael?  Yes, FOCUS is key. Kalau lo udah bisa nemu target market yang spesifik, fokus ke target itu aja dulu...

Emang sabar adalah pisau bermata dua gengs. 
Obat yang paling luar biasa nampol, tapi efek obatnya luar biasa suver lambretta!

Gue juga belom bisa banget-banget lah tentang menjadi sabar dan konsisten di pertarungan market, secara gue juga belom punya track record yang oke tentang ini. Tapi nggak papa, hidup itu penuh dengan situasi yang cucok buat kita belajar gengs! 

Dari apa yang gue baca dan denger wejangan-wejangan sifu yang ada di luar sana...memang konsistensi sama kesabaran-lah yang seringkali ngebuat entrepreneur cepat mundur.

Nih ada video yang bagus dari Ko Reiner Rahardja! He surely described it better than me!




Lanjut sob!


4. Stalk Kenali Target Market lo luar dalam!

Yes! Lo harus tau semuanya tentang mereka! Literally semuanya...

Di tahap ini, information is key gengs! Mulai dari gender, usia, latar belakang (pendidikan, agama, ras, suku, budaya, apala apala), hobby, kegiatan keseharian, status keluarga, kemampuan ekonomi, kemampuan mengambil keputusan, situasi dan tantangan diri, apa yang dibenci, dst. 

Intinya semakin lo mengenal, semakin mudah deh jalan lo ke depan...Haha karena ini akan sangat berguna di marketing plan kalian, yang nantinya 

akan sangat berguna untuk copy-writing gengs!



Nah gimandos?

Ada masukkan lagi? Langsung tulis di kolom comment shay biar bisa kita bahas bareng! 

Itu adalah hal-hal yang perlu kita lakuin sih untuk ngisi amunisi kita bareng-bareng sebelum nembak jos pake copy-writing kita. Harus jelas bin jelas dahele!

Nanti di next post gue, gue akan mulai bahas tentang copy-writing gengs! 

Read my upcoming post regarding that issue!

SEE YA!



*dada teman-teman misqueen seperjuangan khuuu*


*Cari widget ini di sebelah kanan atas gengs for joining the Klan!*



JOIN THE KLAN : Add your email to the subscription box! →→→→→→→→→→→→→→


Disclaimer : All gifs belong to https://giphy.com

0 comments: